Kumpulan Soal
DALAM JABATAN
Edisi 1
Program Studi: Semua
Kompetensi kehalian SMK
Waktu :
90 Menit
Oleh
Tim Penyusun
Strategi Pembelajaran
Jakarta
PETUNJUK UMUM
1. Soal ini
terdiri atas 50 soal
pilihan ganda
2. Dikerjakan
dalam waktu 90 menit
3. Tidak ada
perpanjangan waktu bagi pesrta yang datang terlambat
4.
Periksalah soal sebelum mengerjakannya, laporkan
kepada pengawas apabila ada cetakan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah
halaman atau jumlah soal kurang
5.
Anda dapat mengerjakan soal yang lebih mudah
terlebih dahulu
6.
Peserta harus mematikan alat komunikasi HP selama
test berlangsung
7.
Pesrta dilarang berkerja sama dengah peserta lain
atau pihak manapun dengancara atau bentuk apapun
8.
Peserta dilarang meninggalkan ruangn selama test
berlangsung tanpa seizin pengawas
9.
Pengawas berhak mendiskualisifikasi peserta yang
melakukan percurangan
10. Cara
menjawab dengan memberi tanda silang pada jawaban yang benar :
a
|
b
|
c
|
d
|
11. Sistem
penilaian :
·
Benar : dinilai 1
·
Salah : dinilai 0
“SELAMAT & SUKSES”
Pilihlah jawaban yang paling tepat dari pertanyaan dan
pernyataan di bawah ini :
SOAL UKA PEDAGOGIK
1.
SCL adalah salah satu inovasi di bidang pendidikan
yang bercirikan:
A.
Menekankan transfer pengetahuan dari guru ke siswa,
B.
Lebih menekankan pada penguasaan materi,
C.
Penekanan pada pencapaian kompetensi,
D.
Proses pembelajaran dan penilaian dilakukan secara terpisah,
E.
Penekanan pada ketuntasan materi pelajaran.
2.
Pemilihan model pembelajaran sangat bergantung pada:
A.
Sarana-prasarana,
B.
Siswa,
C.
Kurikulum,
D.
Semuanya benar.
3.
Perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi:
A.
Perkembangan model pembelajaran,
B.
Cara belajar siswa,
C.
Cara mengajar guru,
D.
Semuanya benar.
4.
Model pembelajaran yang meminta siswa untuk mengurutkan dan
menjelaskan gambar setelah guru menyampaikan materi adalah:
A.
Cooperative Script,
B.
Metode Jigsaw,
C.
Snowball Throwing,
D.
Picture and Picture.
5.
Model pembelajaran yang mengedepankan kerjasama sesama guru
serta melakukan perencanaan, praktek mengajar, observasi Refleksi/kritikan
terhadap pembelajaran adalah:
A.
Lesson Study,
B.
Cooperative Script,
C.
Metode Jigsaw
D.
Snowball Throwing,
6.
Model pembelajaran dengan cara membuat pertanyaan yang
dituliskan pada kertas lalu diberikan pada ketua kelompok untuk dilempar ke
siswa lain untuk dijawab adalah:
A.
Lesson Study,
B.
Cooperative Script,
C. Metode Jigsaw,
D. Snowball Throwing,
7.
Model pembelajaran dimana guru membagi topik tertentu menjadi
beberapa subtopik, selanjutnya membagi siswa ke dalam kelompok belajar
kooperatif, setiap anggota bertanggungjawab terhadap penguasaan setiap
subtopik, adalah:
A.
Lesson Study,
B.
Cooperative Script,
C.
Metode Jigsaw,
D.
Snowball Throwing,
8.
Model pembelajaran yang mempunyai kelebihan mendorong siswa
berpikir secara ilmiah, kreatif, intuitif dan
bekerja atas dasar inisiatif sendiri, menumbuhkan sikap objektif, jujur dan
terbuka, adalah:
A.
Role Playing,
B.
Inquiry,
C.
Problem Solving,
D.
Picture and Picture,
9.
Salah satu model pembelajaran yang merupakan
kelompok model pengolahan informasi adalah...
A. Bermain
peran
B. Pemecahan
masalah
C. Memorasi
(mengingat)
D. Berfikir
deduktif
10.
Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain;
berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara
realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan
masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah:
A.
Role Playing,
B.
Inquiry,
C.
Problem Solving,
D.
Picture and Picture,
11.
Beragam teknik penilaian dapat dilakukan untuk mengumpulkan
informasi tentangkemajuan belajar siswa, baik yang berhubungan dengan proses
belajar maupun hasil belajar. Teknik-teknik penilain tersebut adalah sebagai
berikut, kecuali:
A.
penilaian unjuk kerja
B.
Penilaian sikap
C.
Penilaian observasi langsung
D.
Penggunaan tertulis
12.
Dalam Soal tes tertulis peserta didik tidak selalu merespon
dalam bentuk menulis jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain seperti
berikut, kecuali:
A.
Memberi tanda
B.
Mewarnai
C.
Membaca
D.
Menggambar
13.
Tes tertulis dalam bentuk mensuplai jawaban dapat dibedakan,
kecuali menjadi:
A.
ultiple choice
B.
isian
C.
jawaban singkat
D.
uraian.
14.
Tes ini dapat digunakan untuk menilai kemampuanberfikir tinggi !
A.
tes sebab-akibat
B.
tes benar – salah
C.
tes menjodohkan
D.
tes pilihan ganda.
15.
Tes tertulis bentuk ini merupakan alat penilaian yang menuntut
peserta didik untuk mengingat, memahami, dan mengorganisasikan gagasannya atau
hal-hal yang telah dipelajarinya...
A.
jawaban singkat
B.
uraian
C.
isian
D.
pilihan ganda.
16.
Dalam menyusun alat penilaian tertulis perlu dipertimbangkan
hal-hal berikut, kecuali .........
A.
jumlah item
B.
karakteristik mata pelajaran
C.
materi
D.
konstruksi
17.
Tes pilihan ganda memiliki beberapa kekurangan diantaranya
tersebut berikut ini, kecuali .........
A.
peserta didik tidak mengembangkan sendiri jawabannya
B.
menimbulkan kecenderungan anak didik tidak belajar
C.
kurang dapat untuk memodifikasi kegiatan pembelajaran
D.
banyak digunakan untuk penilaian ketrampilan berbahasa secara
formal.
18.
Kelemahan tes tertulis bentuk uraian antara lain .....
A.
peserta didik dapat mengekspresikan gagasan atau pendapatnya
B.
dapat menilai berbagai jenis kompetensi
C.
cakupan materi yang ditanyakan terbatas
D.
peserta didik dituntut untuk mengemukakan pendapatnya dengan
kata-katanya sendiri.
19.
Keberhasilan pembelajaran bergantung pada beberapa hal, kecuali
....
A.
fektifitas penilaian kelas
B.
cost benefit yang besar
C.
perancangan penilaian secara sistemasis
D.
perlakuan penilaian yang secara terus-menerus dan
berkesinambungan.
20.
Penilaian kelas yang baik akan memberikan informasi yang
bermanfaat, kecuali...
A.
bagi orang tua, dapat meningkatkan gairah kerjanya agar dapat
membiayai
sekolah anak-anaknya
B.
bagi guru, dapat meningkatkan efektifitas mengajarnya
C.
bagi peserta didik, akan meningkatkan kualitas kegiatan/hasil
belajarnya
D.
mampu memotivasi anak didik meningkatkan terus upaya belajarnya.
21.
KTSP menuntut adanya perubahan dalam mengelola proses
pembelajaran. Oleh karena itu guru harus
(a).Inovatip dan Kreatip
(b) Paradikma Teaching berubah menjadi learning
(c). cara berpikir produktip menjadi reflektip dan
(d). Demonstrating the knowledge.
Soal : dari pernyataan tersebut yang tidak sesuai adalah :
A.
(a) dan (b)
B.
(a) dan (d)
C.
(d)
D.
(c)
22.
Menggunakan media dan menggunakan teknik presentasi merupakan
salah satu cara mengelola pembelajaran akan :
(a)
menarik perhatian siswa.
(b).
Membosankan siswa
(c).
Meningkatkan daya serap siswa
(d).
Merepotkan dan membebani guru
Soal :
Dari pernyataan tersebut yang benar adalah :
A.
(a) dan (b)
B.
(a) dan (c)
C.
(b) dan (d)
D.
(c)dan (d)
23.
Sumber belajar adalah segala macam sumber yang memungkinkan
siswa belajar. Ada bermacam-macam sumberbelajar yaitu yang benar terdiri dari :
A.
pesan dan orang
B.
Alat dan teknik
C.
Lingkungan,
D.
pesan dan bahan
24.
Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan
sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan,perhatian, dan minat siswa sehingga
dapat mendorong terjadinya proses belajar siswa.
Pernyataan tersebut merupakan konsep media yang dinyatakan oleh:
A.
Palmer, W
B.
Gagne
C.
Bright
D.
AECT
25.
Yang termasuk bahan pertimbangan dalam memilih media dalam
pembelajaran diantaranya adalah :
A.
harus membuat terlebih dulu
B.
Kesesuaian dengan tujuan dan bahan
C.
harganya mahal dan modern
D.
Pengoperasiannya sulit.
26.
Manakah media yang paling baik untuk mengajar
A.
VCD
B.
Flip
C.
hart
D.
OHT
E.
LCD
27.
Fungsi GBIPM (Garis Besar Isi Program Media) adalah
A.
instrument perencanaan media dalam pembelajaran
B.
Instrument Pengembangan Media dalam pembelajaran
C.
Instrument Pemilihan Media dalam pembelajaran
D.
Perencanaan Program Media dalam pembelajaran
28.
Media dalam pembelajaran harus didisain dengan baik dan menarik.
Hal ini karena media bukan semata-mata berperan sebagai perantara atau
pengantar pesan, tetapi media juga perperan sebagai Perangsang:
A.
Pikiran dan Perasaan
B.
Perhatian dan minat
C.
Menarik perhatian
D.
Menarik Minat.
29.
Pilihlah jenis huruf berikut ini yang menurut saudara paling
tepat untuk membuat media OHT/Slide presentasi
A.
Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
B.
Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
C.
Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
D.
Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
30.
Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis,
kecuali...
A.
sikap penulis
B.
panjang tulisan
C.
struktur sajian
D.
penggunaan bahasa
31.
Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri
dari
A.
pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
B.
pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
C.
abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
D.
abstrak, bagian inti, penutup
32.
Bagian penutup suatu karya tulis ilmiah, pada umumnya menyajikan
tentang...
A.
rangkuman dan tindak lanjut
B.
simpulan umum
C.
rekomendasi penulis
D.
simpulan dan saran
33.
Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal,
dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini
adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali...
A.
pendidikan
B.
kebudayaan
C.
pemulung
D.
informatika
34.
Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan
tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang
merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali...
A.
fakta atau kenyataan
B.
argumentasi
C.
teori yang diakui kebenarannya
D.
data empirik/hasil penelitian
35.
Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya
bahasa yang bersifat
A.
resmi
B.
baku
C.
impersonal
D.
personal
36.
Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis
karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya
tulis ilmiah mempunayi komponen
A.
daftar pustaka
B.
abstrak
C.
daftar tabel
D.
lampiran
37.
Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
A.
memaparkan bidang ilmu tertentu
B.
merupakan deskripsi suatu kejadian
C.
menggunakan gaya bahasa resmi
D.
disajikan secara sistematis
38.
Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk
judul karya tulis ilmiah?
A.
senjata makan tuan
B.
kumbang cantik pengisap madu
C.
pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
D.
pengaruh obat bius yang menghebohkan
39.
Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan
ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang
dapat digunakan sebagai pembeda adalah...
A.
sistematika tulisan
B.
panjang tulisan
C.
ragam bahasa yang digunakan
D.
pengarang
40.
Artikel dapat dikelompokkan menjadi
A.
artikel laporan dan artikel rujukan
B.
artikel konseptual dan artikel teoritis
C.
artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
D.
artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
41.
Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus
diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
A.
kelayakan ide untuk dipublikasikan
B.
wacana tentang ide yang sedang berkembang
C.
kesiapan ide untuk didiskusikan
D.
persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
42.
Tulisan analisis konseptual terdiri dari
A.
judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
B.
judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
C.
judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
D.
judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
43.
Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang
ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
A.
abstrak
B.
pendahuluan
C.
diskusi
D.
referensi
44.
Referensi memuat semua rujukan yang
A.
pernah dibaca penulis
B.
perlu dibaca pembaca
C.
dimuat dalam badan tulisan
D.
diperlukan dalam pengembangan tulisan
45.
Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian
pendahuluan adalah berikut ini
A.
apa inti teori/konsep yang dibahas?
B.
mengapa konsep itu dibahas?
C.
Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
D.
Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
46.
Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil
penelitian adalah
A.
menjelaskan partisipan
B.
menulis masalah yang sudah pernah dibahas
C.
memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
D.
melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian
47.
Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif
dalam laporan atau artikel merupakan salah satucontoh upaya untuk menjaga
kualitasdari aspek...
A.
panjang tulisan
B.
nada tulisan
C.
gaya tulisan
D.
bahasa tulisan
48.
Rekomendasi untuk judul adalah
A.
8-10 kata
B.
10-12 kata
C.
12-15 kata
D.
15-30 kata
49.
Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi
penelitian dapat dilihat di bagian...
A.
pendahuluan
B.
metode
C.
hasil
D.
diskusi
50. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut ini :
1. Pembelajaran
megutamakan bagian-bagian kecil
2. Pembelajaran
mementingkan pembentukan perangsang (reinforcement)
3. Pengetahuan
itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri
4. Siswa
menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
Dari
pernyataan diatas yang merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku
(behavloristik) adalah...
A. 1
dan 2
B. 2
dan 3
C. 1
dan 3
D. 3
dan 4
JAWABAN
1.
|
B
|
11
|
D
|
21
|
C
|
31
|
C
|
41
|
C
|
2
|
D
|
12
|
A
|
22
|
B
|
32
|
D
|
42
|
A
|
3
|
D
|
13
|
C
|
23
|
A
|
33
|
C
|
43
|
A
|
4
|
D
|
14
|
A
|
24
|
C
|
34
|
B
|
44
|
A
|
5
|
A
|
15
|
B
|
25
|
B
|
35
|
A
|
45
|
A
|
6
|
D
|
16
|
D
|
26
|
D
|
36
|
B
|
46
|
B
|
7
|
B
|
17
|
D
|
27
|
B
|
37
|
A
|
47
|
D
|
8
|
B
|
18
|
C
|
28
|
B
|
38
|
C
|
48
|
A
|
9
|
D
|
19
|
B
|
29
|
C
|
39
|
A
|
49
|
C
|
10
|
C
|
20
|
A
|
30
|
A
|
40
|
D
|
50
|
A
|
SOAL
ESSAY
1.
Jelaskan beberapa inovasi dalam bidang pendidikan yang bapak/ibu
ketahui, apa kelemahan dan keunggulannya.
2.
Jelaskan dampak perkembangan Ipteks pada inovasi bidang
pendidikan dan inovasi di bidang pembelajaran.
3.
Buat RPP ringkas untuk mata pelajaran tertentu menggunakan satu
atau lebih model pembelajaran inovatif yangbapak/ibu anggap sesuai dengan mapel
tersebut.
4.
Dalam praktik pembelajaran, paling banyak dipergunakan teknik
penilaian tertulis. Setujukah anda atas pernyataantersebut ? Mengapa demikian ?
5.
Adakah teknik penilaian yang dapatdipergunakan untuk menilai
berbagai kompetensi ? Berikan alasannya !
6.
Berikan alasan! Mengapa Teknik Penilaian Tertulis, khususnya
alat penilaian tes pilihan ganda kurang dianjurkanpemakaiannya dalam penilaian
pembelajaran yang otentik dan berkesinambungan ?
7.
Apa alasannya PTK selalu dirancang dalam bentuk tahapan siklus
yang berulang-ulang ?
8.
Apa hakekat utama dari penelitian tindakan kelas tersebut ?
9.
Jelaskan makna dan fungsi dilakukannya PTK oleh seorang guru ?
10. Kenapa
PTK tidak tepat dilakukan oleh orang lain ?
11. Apa
tujuan dan manfaatnya jika dalam penelitiaan tindakan kelas dilakukan secara
kolaboratif dengan pihak lain (dosen LPTK) ?
12. Prinsip-prinsip
apa aja yang harus dipertimbangkan dalam melaksanakan sebuah PTK ?
13. Faedah
apa yang dapat dipetik dengan model penelitian yang bersifat siklus dan
reflketif ?
14. Jelaskan
ciri-ciri yang dimiliki oleh PTK ?
15. Sebutkan
langkah-langkah pokok dalam menentukan sebuah tema PTK !
16. Apakah
semua masalah dalam pembelajaran dapat diteliti dengan dengan PTK, berikan
alasan anda !
17. Kenapa
PTK senantiasa diharuskan bersumber dari guru kelas ?
18. Sebutkan
garis besar struktur dari sebuah proposal PTK !
19. Pertimbangan-pertimbangan
apa saja yang harus diperhitungkan dalam PTK?
20. Setelah
membaca uraian di atas, coba bapak dan ibu simpulkan bagaimana caranya mengenal
karakteristik karya tulis ilmiah. Jelaskan mengapa bapak dan ibu menyimpulkan
seperti itu?
21. Sebutkan
aspek-aspek yang dapat menggambarkan karakteristik suatu karya tulis ilmiahdan
berikan penjelasan singkat untuk setiap aspek. Berdasarkan uraian itu, coba
simpulkan karakteristik karya tulis ilmiah!
22. Secara
umum, struktur sajian suatu karya tulis ilmiah terdiri dari bagian awal, inti,
dan bagian penutup. Coba jelaskan deskripsi masing-masing bagian dan apa
bedanya dengan struktur sajian karya non ilmiah?
23. Jelaskan
mengapa abstrak merupakan bagian terpenting dalam laporan dan artikel
penelitian
24. Sebut
dan jelaskan perbedaan karya tulis ilmiah hasil pemikian dan hasil penelitian!
25.
Carilah salah satu artikel hasil penelitian, telaah unsur-unsur
yang terdapat pada artikel itu!aa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar